Sukses

Parenting

Jamu Tradisional untuk Mengatasi Anak Sakit Panas (III)

Bunda, ternyata untuk mengatasi anak sakit panas Anda bisa memberikan obat tradisonal lho. Tahukah Anda ternyata obat tradisional adalah salah satu obat yang terbukti mempunyai khasiat yang luar biasa bila dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Obat kimia cenderung memiliki efek samping bila dibandingkan dengan obat-obatan tradisional.

Bicara mengenai obat tradional, ternyata sambiloto berkhasiat untuk menyembuhkan sakit panas pada anak. Seperti dilangsir pada situs buahdansayur.com, sambiloto merupakan tanaman yang mudah tumbuh di alam liar terbuka, seperti di tepi sungai, di kebun-kebun, juga di pekarangan rumah, tumbuhan ini dapat tumbuh di tanah yang lembab, tumbuh didataran rendah.

Perlu Anda ketahui seluruh bagian tanaman sambiloto dapat digunakan. Dijelaskan pada situs truestarhealth.com, sambiloto ini memiliki kandungan andrografolid lactones (zat pahit), diterpene, glucosides dan flavonoid yang dapat menurunkan panas. Bahkan pada tahun 1991 pernah diadakan penelitian di Thailand bahwa 6 g sambiloto per hari sama efektifnya dengan parasetamol.

Nah, berikut ini ada tips membuat jamu tradisonal berbahan sambiloto guna menurunkan panas si kecil seperti dijelaskan oleh Soeparto dalam Jamu Jawa Asli, yaitu pertama-tama rebus 10 gram daun sambiloto kering, 25 gram umbi kunyit kering dan 200ml air. Rebuslah hingga mendidih dan airnya tinggal 100ml, kemudian saring. Setelah hangat, tambahkan 100 cc madu, lalu aduk rata. Bagi menjadi 3 bagian, berikan pada si kecil 3 kali sehari.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading