Sukses

Parenting

Jamu Tradisional untuk Mengatasi Anak Sakit Panas (IV)

Bunda, orang tua mana yang tak khawatir melihat anaknya lemas dan tak berdaya karena terserang sakit panas. Anak sakit panas biasa menyerang buah hati Anda karena kondisi tubuh si kecil yang kurang fit, atau bisa juga dikarena faktor lainnya.

Saat ini banyak sekali obat-obatan kimia yang konon katanya berkhasiat untuk meredakan penyakit si kecil. Tapi perlu Anda ingat alangkah baiknya Anda membuat sendiri obat untuk meredakan sakit panas si kecil, salah satunya dengan pegagan.

Sebagain besar orang pasti masih asing dengan bahan herbal yang namanya pegagan. Dijelaskan pada situs livestrong.com, Pegagan merupakan tanaman herba tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun. Pegagan berasa manis, bersifat mendinginkan, memiliki fungsi salah satunya ialah meredakan panas, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Tidak hanya itu lho, dilangsir pada situs webmd.com, pegagan ini dikenal pula dengan nama daun kaki kuda ini tumbuh merayap menutupi tanah. Daunnya berwarna hijau dan berbentuk seperti kipas ginjal. Memiliki kandungan triterpenoid, saponin, hydrocotyline, dan vellarine. Bermanfaat untuk menurunkan panas, revitalisasi tubuh dan pembuluh darah serta mampu memperkuat struktur jaringan tubuh. Pegagan juga bersifat menyejukkan atau mendinginkan, menambah tenaga dan menimbulkan selera makan.

Nah, berikut ini ada resep membuat jamu tradisional berbahan dasar pegagan untuk meredakan panas si kecil seperti dijelaskan oleh Soeparto dalam Jamu Jawa Asli, yaitu pertama-tama rebus 1 genggam pegagan segar dengan 500ml air hingga mendidih dan airnya tinggal 300ml, setelah itu agi menjadi 3 bagian dan diminum 3 kali sehari.

Selamat mencoba, Bunda.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading