Sukses

Parenting

A.T. Mahmud, Pengarang Lagu Anak Indonesia

Masa kecil kita pasti tidak asing dengan lagu anak-lagu anak yang dahulu banyak diputar di radio. Lagu anak sudah menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak karena liriknya mudah dihafal, memiliki makna yang mudah dipahami, dan membawa tema-tema yang menarik untuk dinyanyikan sendiri maupun bersama teman-teman.

Tentunya, anda pasti hafal atau setidaknya pernah mendengar lagu-lagu anak seperti ‘Balonku Ada Lima’, ‘Bintang Kejora’ ‘Pemandangan’, ‘Anak Gembala’ dan ‘Kunang-Kunang’. Lagu-lagu anak ini memiliki satu kesamaan, yaitu semuanya digubah oleh Abdullah Totong Mahmud atau yang lebih dikenal dengan nama A.T. Mahmud.

Menurut id.wikipedia.org, paska menemukan tujuan baru dalam menulis lagu anak, A.T. Mahmud meninggalkan bangku kuliah bahasa inggrisnya dan menekuni dunia music. Penulis lagu yang menurut id.wikibooks.org, memiliki bakat dalam mencipta lagu yang mudah dihafal dan menarik untuk anak-anak ini kemudian keluar dari FKIP dan masuk ke SGTK.

Sosok penggubah lagu kelahiran Palembang, Sumatra Selatan yang memiliki nama asli Masagus Abdullah Mahmud ini memulai karir menulis lagunya pada tahun 1963 ketika beliau bekerja di SGTK atau Sekolah Guru Taman Kanak-Kanak.

Setelah itu, penulis lagu asli Indonesia ini mulai menelurkan sejumlah karya lagu yang populer dan banyak mendapatkan banyak perhatian dari anak-anak Indonesia dan orang Indonesia pada umumnya, menempatkan A.T. Mahmud sebagai salah satu pengarang lagu anak yang tidak akan dilupakan sepanjang sejarah

Oleh : Mamor Adi P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading