Sukses

Parenting

Apa Saja Manfaat Lain IUS?

Ladies, adakah dari Anda yang menggunakan alat kontrasepsi? Apakah itu berupa pil? Pernahkah Anda mendengar alat kontrasepsi bernama IUS (intraurine sistem)? IUS merupakan alat kontrasepsi berbentuk seperti huruf T yang dimasukkan ke organ seksual wanita yang sebenarnya memiliki manfaat yang sama dengan alat kontrasepsi lain.

IUS berfungsi untuk memisahkan sel telur dan sperma dengan cara menghentikan produksi sel telur. Alat ini terbukti sangat efektif untuk mencegah kehamilan. Jika membayangkan cara penggunaannya, mungkin terdengar menyakitkan, ya, Ladies? Tapi ternyata IUS lebih mengandung banyak manfaat daripada yang Anda ketahui selama ini. Seperti yang dilansir pada health24.com, manfaat dari IUS antara lain:

1. Alat ini dipasang satu kali dalam lima tahun, jadi Anda tidak perlu mengingat kapan mengonsumsinya layaknya pil.

2. Kesuburan akan cepat kembali segera setelah alat dikeluarkan dari organ seksual setidaknya dalam waktu satu bulan, kecuali jika penggunaannya bersamaan dengan alat kontrasepsi lain.

3. IUS dapat membantu mengurangi resiko terkena hysterectomies yang disebabkan oleh HMB (heavy menstrual bleeding) sampai dengan 50%.

4. IUS juga dapat melindungi diri mencegah kanker endometrial jika digunakan dengan tujuan melawan perpindahan hormone esterogen selama proses HRT saat menopause. Dengan IUS, tubuh bisa terpicu untuk membentuk hormone progesterone sehingga kanker ini bisa dicegah lebih efektif.

Nah, mungkin bisa dijadikan pertimbangan, ya, Ladies.

 

Oleh: Fadhila Eka Ratnasari

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading