Sukses

Parenting

Macam Macam Penyakit Kulit Anak: Dermatitis Kontak

Bunda, kulit merupakan organ aktif secara metabolik yang memiliki fungsi vital, yaitu dalam perlidungan dan homeostasis tubuh. Anak-anak pada usia 2-5 tahun kerpa sekali terserang berbagai macam penyakit kulit. Salah satu penyakit kulit anak yang menyerang buah hati Anda ialah dermatitis kontak.

Sebagian besar orang masih asing mendengar nama penyakit ini, perlu Anda ketahui seperti dijelaskan pada situs hopkinsmedicine.org, bahwa dermatitis kontak adalah suatu istilah yang artinya peradangan di kulit. Dermatitis kontak adalah peradangan di kulit karena kontak dengan sesuatu yang dianggap asing oleh tubuh.

Tidak hanya itu, dermatitis kontak merupakan penyakit kulit yang terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar pada kulit anak. Penyebab dari penyakit ini salah satunya karena sabun atau deterjen, atau bisa juga karena baju yang kotor.

Tapi, jangan khawatir masih ada banyak cara untuk menyembuhkan buah hati Anda dari penyakit tersebut. langkah awal yang haru Anda lakukan ialah dengan penghindaran bahan iritan penyebab iritasi seperti sabun yang digunakan si kecil saat mandi, dan menggunaan krim yang mengandung hidrokortison (kortikosteroid) dapat membantu mengurangi gatal dan kemerahan di kulit.

Pada kasus yang berat, sebaiknya Anda membawa si anak ke klinik dan lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya, Bunda.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading