Sukses

Parenting

Penyakit Jantung Anak: Mungkinkah Anak Kelebihan Kolesterol?

Kolesterol dan obesitas merupakan penyebab tertinggi penyakit jantung anak. Meskipun banyak mitos yang mengatakan bahwa penyakit jantung hanya bisa menyerang orang dewasa namun faktanya banyak anak di bawah usia 10 tahun yang meninggal karena penyakit ini.

Bunda, untuk menjauhkan anak dari penyakit jantung, memeeriksakan tingkat kolesterol anak menjadi penting. Menurut sebuah penelitian yang dirilis di Scai.org aterosklerosis bisa berkembang bahkan pada anak usia dini.

Kolesterol ini membentuk lemak yang menyumbat dinding arteri dalam. Kebanyakan serangan lemak ini tidak akan menimbulkan plak yang dapat menyumbat darah, namun nantinya akan berkembang dan menimbulkan risiko penyakit jantung anak.

Jika anak sudah diperiksakan sejak kecil kolesterolnya, paling tidak bakal aterosklerosis akan bisa ditangani lebih dini sehingga tidak sampai membuat anak terkena penyakit jantung. Periksakan anak usia 2-10 tahun, apalagi jika ada anggota keluarga Anda yang juga memiliki penyakit diabetes, jantung, obesitas, atau kolesterol.

Jaga makanan yang dikonsumsinya sehingga dia jauh dari kolesterol. Berikan banyak sayuran dan buah-buahan. Jauhkan dari makanan-makanan yang terlalu banyak lemak, termasuk juga susu berlemak.

Selain menjaga kolesterol anak, Bunda juga wajib menjauhkannya dari rokok. Jangan biarkan dia menjadi perokok aktif maupun pasif karena kandungan di dalam rokok seperti nitkotin dan tar juga menyebabkan risiko terkena penyakit jantung meningkat.

Oleh : Kustin Ayuwuragil D.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading