Sukses

Parenting

Inilah Pengaruh Penyakit Jantung Anak Pada Penderita

Bunda, memiliki anak dengan penyakit jantung tentu bukanlah pilihan ibu mana pun. Namun jika Anda satu dari ribuan ibu di dunia yang mengalami hal ini, Bunda perlu mengetahui efek penyakit jantung anak ini pada si kecil.

Menurut Heart.org, banyak orang tua yang waswas untuk membesarkan anak dengan penyakit jantung. Membesarkan anak dengan penyakit ini selalu mengundang pertanyaan dan tantangan. Inilah jawaban dari beberapa pertanyaan yang paling banyak ditanyakan seluruh ibu di dunia.

Pertumbuhan

Anak dengan penyakit jantung tentu memiliki perkembangan yang berbeda dengan anak normal. Penyakit jantung anak menyebabkan si kecil memiliki detak jantung yang lebih cepat, rata-rata respirasi yang cepat, nafsu makan yang buruk, memerlukan kalori yang lebih besar, sering mengalami masalah pernapasan seperti bronchitis atau pneumonia.

Tubuh si kecil juga akan mengalami kesulitan untuk menyerap beberapa nutrisi dari makanan sedangkan darahnya hanya membawa sedikit kandungan oksigen untuk tubuh.

Untuk menyeimbangkan perkembangan anak dan usianya, Bunda perlu memberikan asupan yang lebih banyak untuk anak ini sehingga kebutuhan tubuhnya terpenuhi. Bunda juga perlu bersabar untuk melihatnya berkembang karena bayi dengan penyakit jantung memang berkembang lebih lamban.

Perkembangan dan kehidupan bersekolah

Umumnya, anak dengan penyakit jantung masih bisa bersekolah seperti biasa. Namun ada juga beberapa anak yang selalu memerlukan perawatan khusus sehingga Anda perlu membicarakannya lebih lanjut dengan pihak sekolah.

Finansial

Orang tua yang memiliki anak dengan penyakit ini memang seharusnya memiliki tunjangan kesehatan sehingga masalah keuangan tidak terlalu memberatkan. Faktanya, penyakit ini memang bukan penyakit yang mudah disembuhkan.

Oleh : Kustin Ayuwuragil D.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading