Sukses

Parenting

Kenapa Sudah Diberi ASI tapi Anak Sering Sakit?

Bunda, anak-anak pada usia balita kerap sekali terserang berbagai macam penyakit. Penyakit yang menyerang si kecil biasanya kebanyakan disebabkan oleh virus. Tidak hanya virus, daya tahan tubuh si kecil juga tidak begitu kuat, sehingga menyebabkan anak sering sakit.

Sebenarnya dengan memberikan ASI pada si kecil, sudah memberikan kekebalan bagi si kecil. ASI kaya akan zat penting bila dibandingkan dengan produk susu kalengan atau susu formula, ASI tetap terunggul dan tak terkalahkan.

Dijelaskan pada situs americanpregnancy.org, ASI memiliki semua kandungan zat penting yang dibutuhkan oleh sang bayi seperti DHA, AA, laktosa, taurin, Omega 6, protein, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin and lisozim yang semuanya dalam takaran dan komposisi yang pas untuk bayi, oleh karenanya ASI jauh lebih unggul dibandingkan dengan susu apapun.

Banyak sekali kan kandungan ASI itu, permasalahannya ialah ada beberapa anak yang sudah diberi ASI, namun tetap saja sering terkena sakit. Biasanya anak yang mengalami hal tersebut ditandai dengan gangguan saluran cerna, seperti muntah (gumoh), perut kembung, sering buang air besar, sering rewel, dll.

Nah, untuk mencegah terjadinya infeksi berulang pada bayi dengan ASI ekslusif harus mengidentifikasi penyebab dan faktor resiko terlebih dahulu. Anda harus memperhatikan apakah si kecil tersebut mengalami gejala alergi atau gangguan fungsi saluran cerna.

Bila pada bayi mengalami gejala alergi mungkin penyebab utamanya adalah faktor alergi. Kalau sudah begitu, segera periksakan ke dokter atau klinik terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading