Sukses

Parenting

Kenali Tipe-Tipe Operasi Caesar: Melahirkan Bisa Lebih Mudah

Operasi Caesar dibedakan menjadi beberapa tipe. Tipe-tipe operasi Caesar dibedakan berdasakan bentuk sayatan yang dilakukan pada uterus, bukan sayatan pada kulit perut bagian bawah. Dengan mengetahui tipe operasi caesar, melahirkan bisa berlangsung dengan lebih mudah.

Yang pertama adalah operasi Caesar klasik. Pada operasi Caesar tipe ini, sayatan dibuat vertical sehingga terdapat space yang cukup lebar untuk mengangkat bayi dari dalam rahim. Namun, operasi Caesar klasik ini sudah tidak lagi populer karena diketahui beresiko tinggi menyebabkan komplikasi.

Yang kedua dan yang paling populer saat ini adalah lower uterine segment section. Pada operasi Caesar tipe ini, sayatan dibuat di atas tepi kandung kemih. Dengan bentuk sayatan ini, kehilangan darah saat operasi dapat dikurangi.

Tipe yang ketiga adalah operasi Caesar emergency. Seperti dilangsir dari situs news-medical.net, tindakan operasi Caesar emergency baru diambil dalam keadaan darurat.

Selanjutnya, crash caesarean section berlangsung ketika proses persalinan tengah dalam progress. Tindakan operasi Caesar crash perlu dilakukan jika kondisi ibu, bayi, atau keduanya tidak memungkinkan untuk melanjutkan persalinan secara normal.

Next, caesarean hysterectomy adalah operasi Caesar yang diikuti dengan pengangkatan uterus. Tindakan ini baru akan dilakukan jika plasenta tidak dapat dipisahkan dari rahim.

Terakhir, repeat caesarean section. Sesuai dengan namanya, operasi Caesar ini dilakukan ketika ibu sudah pernah melakukan operasi Caesar sebelumnya.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading