Sukses

Parenting

Susui Sendiri Bayi Anda Untuk Mendapatkan Manfaat Kolostrum

Anda berencana untuk memberikan susu formula pada buah hati anda sejak awal kelahirannya? Pikirkan ulang keputusan anda, ladies. Pasalnya, bayi anda akan melewatkan manfaat kolostrum jika sedari awal kelahirannya si kecil mendapatkan asupan gizi dari susu formula.

Jika payudara anda menghasilkan banyak air susu, untuk apa anda memberikan susu formula? Tidak ada alasan untuk itu. Sejak menginjak usia 5 bulan kehamilan, sebenarnya payudara anda sudah menghasilkan kolostrum, yaitu cairan kental berwarna kekuningan yang mengandung banyak nutrisi. Kolostrum bermanfaat untuk memberikan proteksi kekebalan tubuh bayi, mengingat tubuh bayi belum bisa menghasilkan zat antibody sendiri. Karena manfaatnya yang luar biasa tersebut, kolostrum merupakan makanan pertama yang sangat baik bagi buah hati anda.

Kolostrum hanya diproduksi di tiga sampai empat hari pertama terhitung sejak anda melahirkan. Di hari-hari berikutnya, anda akan mendapati bahwa air susu yang keluar dari payudara anda tidka lagi kental, namun semakin cair dan berwarna putih—yang merupakan air susu ibu.

Seperti dilangsir dari situs fertilefoods.com, menyusui sendiri bayi anda di awal kelahirannya adalah hal yang tepat. Selain karena manfaat dari kolostrum yang akan dirasakan oleh si kecil, kolostrum hanya diproduksi dalam jumlah yang sedikit—jumlah yang pas untuk perut bayi. Di awal kelahirannya, sekali menyusui , bayi anda hanya mampu mencerna 2-3 sendok teh cairan saja.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading