Sukses

Parenting

Manfaat Kolostrum: Tameng Tubuh dari Bakteri

Apa yang anda ketahui tentang kolostrum? Yup, kolostrum adalah substansi berwarna kuning kental yang keluar dari payudara anda sesaat pasca melahirkan alias pre-milk liquid. Apa yang anda ketahui tentang manfaat kolostrum? Ada sejuta manfaat kolostrum bagi kesehatan bayi yang pasti akan membuat anda takjub.

Salah satu manfaat kolostrum yang paling utama adalah untuk kekebalan tubuh bayi. Bayi yang baru lahir masih sangat lemah dan akan mudah terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuh bayi masih belum sepenuhnya terbentuk. Nah, di sinilah kolostrum berperan untuk membantu sistem kekebalan tubuh bayi dengan cara membantu tubuh bayi untuk meningkatkan repson imun.

Seperti dikutip dari situs thehealthybelly.com, kolostrum mengandung banyak antibody (immunoglobulin) serta laktoferin. Substansi sistem kekebalan tubuh yang terdapat pada kolostrum tersebut berperan untuk menetralisasi “serangan’ yang dilakukan oleh mikroba jahat ke dalam tubuh bayi.

Masih terkait dengan kolostrum yang merupakan musuh utama bakteri, kolostrum diketahui mengandung zat anti-adhesive. Anti-adhesive bermanfaat untuk mencegah berbagai macam bakteri dan parasit yang akan mengancam kesehatan dinding usus bayi. Kolostrum akan “mengusir” bakteri dan parasit tersebut sehingga mereka slip and slide out dari dalam tubuh bayi.

Nah, mengingat bahwa kondisi tubuh bayi yang masih lemah dan mudah terserang bakteri dan parasit, maka jangan ragu-ragu untuk segera menyusui bayi anda sejak kelahirannya.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading