Sukses

Parenting

Manfaat Kolostrum Si “Liquid Gold”

Kasihan sekali, ya, ladies melihat bayi yang tidak bisa mendapat manfaat kolostrum hanya karena orang tuanya masih mempercayai bahwa kolostrum adalah dirty milk yang dapat menyebabkan penyakit. Padahal, faktanya, kolostrum mengandung sejuta manfaat. Manfaat ini hanya bisa didapatkan dalam tiga hari saja seumur hidup bayi—sebuah kesempatan emas yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Saking ajaibnya manfaat yang terkandung di dalam kolostrum, kolostrum mendapat julukan sebagai “liquid gold”. Kolostrum terbukti mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan oleh bayi pada masa awal kelahirannya.

Manfaat utama kolostrum adalah sebagai pemberi zat antibody pertama bagi tubuh bayi. Ketika lahir, tubuh bayi belum bisa memproduksi zat kekebalan tubuhnya sendiri. Nah, melalui kolostrum yang kaya akan sel darah putih dan zat antibody, bayi mendapatkan first vaccine-nya. Sel darah putih dan zat antibody yang terkandung di dalam kolostrum membantu bayi untuk mencegah masuknya kuman dan mencegah infeksi.

Tak hanya itu, seperti dikutip dari laman suckledsunnah.wordpress.com, kolostrum merupakan cairan yang rendah lemak dan kaya akan akan protein dan karbohidrat. Kolostrum juga sangat mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi yang baru lahir. Hal ini memberikan laxative effect yang membantu memperlancar sistem eksresi pertama bayi.

Buang air besar pertama bayi merupakan hal yang sangat penting; mengingat bilirubin yang tidak dapat dieksresikan akan membuat bayi mengalami jaundice.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading