Sukses

Parenting

Manfaat Kolostrum Sama Dengan Vaksin Pertama

Sejak berada pada masa akhir kehamilan, sebetulnya kolostrum telah dihasilkan oleh tubuh anda. Namun tak banyak yang menyadari hal ini sampai “kebocoran” terjadi pada payudara anda. Jangan remehkan cairan berwarna kekuningan ini, karena manfaat kolostrum bagi bayi anda sama dengan manfaat vaksin.

Kolostrum biasanya mulai diproduksi secara alami oleh tubuh sejak anda memasuki trisemester ketiga kehamilan. Dan sejak saat itu, anda mungkin akan mendapati bahwa payudara anda telah memproduksi air susu ibu—padahal itu adalah kolostrum.

Seperti dikutip dari laman babycenter.com, hanya karena payudara anda mengalami “kebocoran” kolostrum saat anda hamil, bukan berarti bahwa ketika bayi anda lahir nanti kolostrum anda akan habis. Kolostrum akan diproduksi ulang ketika anda melahirkan. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir kehabisan kolostrum.

Karena produksi kolostrum akan terhenti di hari ketiga atau keempat pasca melahirkan, maka anda harus cepat-cepat memberikannya kepada buah hati anda. Sesaat setelah bayi anda lahir, segera lakukan kegiatan first feeding.

Menyusui di awal kelahiran buah hati menjadi hal yang sangat penting karena adanya kolostrum tersebut. Bayi yang mendapatkan manfaat kolostrum akan tumbuh menjadi bayi yang lebih kebal. Pasalnya, kolostrum mengandung zat antibody yang mampu melindungi buah hati anda dari serangan bakteri dan virus berbahaya.

Jadi, sebenarnya sebelum bayi anda melakukan imunisasi pertamanya, ia sudah mendapatkan kekebalan tubuh dari kolostrum.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading