Sukses

Parenting

Manfaat Kolostrum: Meringankan Nyeri dan Bengkak dengan Cepat

“Liquid gold” alias kolostrum merupakan substansi yang priceless yang keluar dari payudara ibu yang baru saja melahirkan. Mengapa priceless? Pasalnya, kolostrum hanya dihasilkan di hari pertama pasca melahirkan dalam jumlah yang cukup terbatas, yaitu hanya 3-4 sendok teh saja. Dibalik jumlahnya yang hanya sedikit sekali, kolostrum menyimpan manfaat besar untuk kesehatan.

Apa saja manfaat kolostrum yang anda ketahui? Yup, salah satunya adalah untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi karena kolostrum mengandung jutaan zat antibody. Manfaat kolostrum yang satu ini sudah cukup populer dan hampir semua orang mengetahuinya.

Selain untuk membantu pertahanan tubuh bayi dari serangan bakteri dan parasit jahat, ada lagi manfaat lain dari kolostrum yang jarang diketahui oleh masyarakat. Apa itu? Kolostrum dapat membantu meringankan nyeri dan bengkak yang terjadi pada tubuh.

Seperti dikutip dari situs thehealthybelly.com, kolostrum mengandung jenis protein bernama peptida. peptide ini berfungsi untuk membawa pesan imun ke sel-sel imun dan otak. Peptida-peptida ini memproses respon yang diberikan oleh sistem kekebalan tubuh dengan cara mempertahankan keseimbangan kesehatan tubuh.

Salah satu pembawa pesan imun, yaitu interleukin-10 atau IL-10, memiliki fungsi yang spesifik, yaitu bertugas untuk meringankan bengkak.

Kolostrum yang dibentuk sebagai topical paste dapat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar dan luka biasa.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading