Sukses

Parenting

Ketahui Manfaat Kolostrum untuk Bayi Anda (I)

Kolostrum merupakan cairan berwarna kekuningan dengan kekentalan yang lebih pekat daripada air susu ibu. Kolostrum sering disebut sebagai “magic milk” karena manfaat kolostrum yang baik bagi kesehatan.

Kolostrum yang pada umumnya akan diproduksi oleh tubuh anda selama tiga sampai empat hari pasca melahirkan, ternyata tidak bisa diremehkan begitu saja keberadaannya. Ada banyak manfaat kolostrum bagi kesehatan buah hati anda yang baru saja lahir.

Seperti dilangsir dari laman bellybelly.com.au, kolostrum mengandung zat antibody dan immunoglobulin yang penting untuk melindungi sistem kekebalan tubuh buah hati anda. Dengan kata lain, kolostrum merupakan vaksin alami untuk bayi sebelum nantinya pada usia tertentu bayi akan mendapat berbagai jenis vaksin.

Pemberian kolostrum pada bayi yang baru saja lahir menjadi hal yang sangat krusial mengingat bayi yang baru lahir belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Dengan kolostrum yang mengandung full antibody, tubuh bayi anda akan mendapat proteksi selama beberapa bulan ke depan sambil menunggu tubuh bayi memiliki sistem kekebalan tubuhnya sendiri.

Jika anda berpikir bahwa kolostrum bisa digantikan oleh susu formula, maka anda harus berpikir ulang. Ada banyak zat penting di dalam kolostrum yang tidak bisa ditemukan pada susu formula; zat-zat tersebut antara lain oligosaccharides, prebiotics dan probiotics.

Oleh: Pravianti 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading