Sukses

Parenting

IgF-1 Dibalik Manfaat Kolostrum (II)

Kolostrum adalah pre-milk liquid yang keluar pasca anda melahirkan. Jadi, sebenarnya, sebelum air susu ibu yang berwarna putih dan cair keluar dari payudara, ada cairan berwarna kuning kental yang keluar yang disebut dengan kolostrum. Manfaat kolostrum yang besar membuatnya dijuluki sebagai “liquid gold”.

Hanya karena bentuknya yang kental dan berwarna kuning, tidak berarti bahwa kolostrum merupakan substansi kotor yang harus dibuang. Sebaliknya, cepat berikan kolostrum kepada bayi karena kolostrum memberikan manfaat yang tidak sedikit kepada buah hati.

Seperti telah dibahas pada artikel sebelumnya, kolostrum mengandung IgF -1 yang membuatnya berperan penting sebagai anti-aging alias pencegah penuaan dini. IgF -1 atau Insulin Growth Factor -1 adalah substansi yang diproduksi oleh liver sebagai akibat dari hormon pertumbuhan.

Selain bermanfaat sebagai anti aging, kandungan IgF -1 yang terdapat di dalam kolostrum juga berperan penting dari proses normalisasi gula darah. Pasalnya, seperti dilangsir dari situs thehealthybelly.com, IgF -1 memiliki struktur yang mirip dengan insulin.

Kandungan IgF -1 terbukti dapat menyingkirkan penyebab-penyebab penyakit jantung, kegemukan, dan diabetes, yaitu meningkatnya gula darah dan level high blood insulin.

Nah, singkatnya, dengan adanya kandungan di dalam IgF -1 di dalam insulin, insulin memberikan manfaat anti-aging dan normalisasi gula darah. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak menyusui bayi anda di hari pertama kelahirannya.

Oleh: Pravianti 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading