Sukses

Parenting

Manfaat Kolostrum: Membunuh Parasit Penyebab Diare

Manfaat kolostrum untuk kesehatan bayi tidak bisa disepelekan. Ada sederet manfaat yang diberikan oleh kolostrum yang tidak bisa diberikan oleh substansi lainnya. Oleh karena itu, sayang sekali jika anda tidak menyusui sendiri bayi sesaat pasca kelahirannya—waktu di mana kolostrum diproduksi oleh payudara anda.

Manfaat kolostrum yang paling terkenal adalah sebagai pemberi imunitas tubuh kepada bayi. Manfaat yang satu ini sangat krusial mengingat tubuh bayi masih sangat lemah sehingga mudah terserang penyakit dan tubuh bayi belum bisa memproduksi kekebalan tubuhnya sendiri dengan maksimal.

Selain manfaat kolostrum yang mampu menguatkan sistem pertahanan tubuh bayi, manfaat lain kolostrum yang juga penting adalah kolostrum mampu membunuh parasit penyebab diare. Ada banyak jenis parasit penyebab diare; namun lebih spesifiknya, parasit yang mampu diusir jauh-jauh oleh kolostrum adalah jenis parasit Cryptosporidium. Parasit ini merupakan parasit yang bertengger pada saluran pencernaan. Cryptosporidium pada umumnya ditemukan pada water supplies.

Seperti dikutip dari situs thehealthybelly.com, cryptosporidium bisa menjadi sebuah mimpi buruk. Mengapa begitu? Pasalnya, tubuh yang sudah terserang parasit ini dapat mengalami diare serius yang dapat berlangsung selama beberapa bulan. Parahnya lagi, parasit ini bersifat resistant pada antibiotic.

Nah, dengan keberadaan kolostrum, parasit yang mengancam pertahanan kesehatan tubuh ini dapat diatasi dengan baik.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading