Sukses

Parenting

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi di Kehamilan Trimester Ketiga

Di kehamilan trimester ketiga ini Bunda pertumbuhan dan perkembangan bayi akan memasuki tahap hampir sempurna. Semua organ-organ intinya sudah terbentuk, namun masih memerlukan waktu untuk proses penyempurnaan.Kehamilan trimester ketiga ini mulai terhitung sejak Bunda memasuki usia kandungan 7 bulan.

Perkembangan bayi dari bulan ke-7 hingga bulan ke-9 memiliki cirinya masing-masing. Dilangsir dari laman webmd.com, di bulan ke-7 kehamilan, sistem pendengaran bayi sudah mulai terbentuk dengan sempurna. Nah, Bunda bisa memanfaatkan moment ini untuk membentuk ikatan batin yang lebih kuat.

Cobalah untuk membacakan cerita atau bisa dengan mendengarkan musik klasik. Rasakan semua gerakannya ketika Bunda melakukan hal terbut. Ia akan mulai merespon dengan hal-hal yang terjadi di luar kandungan.

Jika Bunda sudah memasuki bulan ke-8, bayi Anda akan tumbuh semakin matang agar siap untuk dilahirkan. Organ dalamnya seperti paru-paru akan sempurna terbentuk di bulan ke-8 ini. Ia akan mulai sangat reflex dengan sentuhan, suara, atau bahkan cahaya.

Selain itu, di bulan ke-8 ini kepala bayi akan mulai turun ke arah mulut rahim sehingga siap untuk dilahirkan. Namun, ada beberapa kasus dimana kepala bayi tidak turun ke bawah. Bunda harus rajin melakukan ceheck-up untuk mengetahuinya dan mendapatkan penanganan segera.

Di bulan terakhir trimester ketiga yakni Bulan ke-9, semua organ-organnya telah terbentuk dengan sempurna. Gerak refleks bayi akan semakin meningkat. Di Bulan ke-9 ini, secara normal bayi Anda akan memiliki panjang sekitar 46-51 cm dan berat 3,2 kg.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading