Sukses

Parenting

Ciri-ciri KB Spiral

Bagi pasangan suami-istri muda, mungkin belum terlalu familiar dengan istilah KB spiral. Jenis KB ini memang tidak dengan mudah dikenalkan pada orang karena memang tidak tersedia di pasaran. Untuk Anda yang penasaran, baca terus untuk dapatkan info lebih banyak.

Anda perlu kenal dengan KB spiral, Ladies. Dimulai dari namanya yang juga bisa disebut IUD atau Intrauterine Device, KB spiral ini terdiri dari dua jenis, seperti langsiran laman webmd.com. Jenis KB spiral dibedakan berdasarkan kandungan pada spiral tersebut yang berkemampuan untuk menunda kehamilan.

Bentuk dari KB spiral ini menyerupai huruf T. Alat kontrasepsi tersebut terbuat dari plastik dan dibungkus tembaga atau mengandung hormon progestin. Selain itu, akan pula dipasangkan benang plastik yang digantung dan dibiarkan terlepas dari serviks menuju miss V. Tujuan diberikan benang adalah untuk melepaskannya.

Nah Ladies, dari dua jenis KB spiral yang tersedia, laman tersebut mengungkapkan bahwa jenis yang mengandung hormon progestin lebih efektif dibandingkan yang dibungkus tembaga. Sedangkan untuk masa pakainya, KB spiral dengan hormon bisa bertahan hingga 5 tahun, sedangkan yang mengandung tembaga bisa hingga 10 tahun sejak pertama kali pemakaian.

Selain itu Ladies, yang perlu dicatat dan dijadikan pedoman untuk Anda sebelum memasangkan KB spiral adalah memastikan bahwa dokter tersebut telah berpengalaman dalam hal tersebut. Sebab Ladies, Anda tidak mau kan menanggung resiko karena ada kesalahan dalam pemasangannya.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading