Sukses

Parenting

Ketika si Kecil Bertanya Seks, Bagaimana Anda Harus Menjawab?

Bunda, seiring dengan bertambahnya usia si kecil, anak akan mengalami perubahan dan perkembangan pada dirinya. Perubahan yang jelas terlihat adalah ketika si kecil memasuki masa pubertas.

Pada masa tumbuh kembang si kecil, anak Anda pasti mempunyai rasa keingin tahuan yang tinggi akan suatu hal. Salah satu pertanyaan simple yang terkadang membuat Anda bingung menjawab ialah “Bunda, cara buat adik itu bagaimana?” atau “dari mana aku berasal?”. Kebanyakan orang tua yang tidak bisa menjawabnya, terkadang cukup menjawab dengan “nanti kalau sudah gede, adik bakalan tahu sendiri”.

Maka dari itu, untuk menyiasati pertanyaan tersebut, Anda sebagai orang tua harus benar-benar bijak dalam menjelaskan jawaban dari pertanyaan si kecil. Seperti yang dijelaskan pada situs m.betterhealth.vic.gov.au, untuk anak usia prasekolah, Anda bisa menerangkan bahwa adik bayi itu berasal dari perut ibu, Anda bisa saja dengan meragakan menunjuk perut Anda. namun, sejalan dengan bertambahnya usia si kecil, anak Anda boleh diterangkan bahwa seorang bayi berasal dari sel telur ibu yang dibuahi sperma yang berasal dari ayah. Pertegas pula bahwa pembuahan boleh atau bisa dilakukan setelah wanita dan pria menikah.

Nampaknya sangat mudah kan? Oleh karena itu, orang tua harus peka untuk langsung mendiskusikannya dan menjelaskan secara baik. Penjelasan yang diberikan tentunya menggunakan istilah tepat namun tetap dapat dipahami oleh si kecil. Anda juga bisa menggunakan media seperti gambar, buku, dan benda lain yang menarik minat anak guna mendukung penjelasan Anda.

 

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading