Sukses

Parenting

Manfaat Bercinta saat Usia Lanjut

Ladies, melakukan seks dengan pasangan Anda secara rutin ternyata banyak manfaatnya lho. Banyak ahli juga mengatakan bahwa hubungan seks sangat bermanfaat bagi kesehatan bagi kawula muda, akan tetapi termasuk kesehatan para lanjut usia (lansia).

Seperti yang dijelaskan pada situs webmd.com, ternyata hubungan seks mempererat hubungan pasangan sampai usia lanjut. Pada saat pasangan Anda orgasme, level hormon oksitosin akan meningkat. Ini adalah hormon cinta yang membangun keterikatan dan kepercayaan dalam satu pasangan. University of Pittsburgh dan University of North Carolina mengevaluasi 59 wanita yang mengalami pramenopause. Mereka diamati sebelum dan sesudah bermesraan dengan suaminya. Ternyata semakin sering ekspresi rasa sayang diekspresikan melalui kontak fisik, hormon oksitosin ikut naik.

Tidak hanya itu, hubungan seks juga memperkecil risiko kanker prostat. Laki-laki yang mengalami ejakulasi secara teratur, khususnya saat mereka berusia 20 tahun ke atas, akan terbebas dari risiko kanker prostat di masa tuanya.

Selain itu, dalam Journal of Epidemiology and Community Health disebutkan bahwa, bercinta juga bisa memperkuat saluran pembuluh darah. Menurut para ahli, frekuensi hubungan seksual ternyata tidak berasosiasi dengan serangan stroke. Setidaknya ini yang ditemukan pada 914 lelaki yang diamati selama 20 tahun. Pada pasangan lansia, hubungan seks yang dilakukan 2-3 kali seminggu justru menyelamatkan mereka dari risiko serangan jantung. Dan pada kelompok yang hanya melakukan sekali sebulan, risiko terjadinya serangan jantung lebih tinggi.

Nah, berhubungan seksual tidak hanya semata untuk memenuhi kebutuhan biologi saja lho, ternyata melakukan hubungan seksual sampai usia lanjut bermanfaat bagi kesehatan. Tertarik? Selamat Mencoba.

 

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading