Sukses

Parenting

Jadwal Imunisasi BCG untuk Si Kecil

Sebagai orang tua, anda perlu mengetahui kapan buah hati anda perlu diimunisasi lho, Moms. Berbeda dari berobat pada dokter, imunisasi memiliki waktu tersendiri untuk dilakukan. Pentingnya mengikuti jadwal imunisasi adalah karena buah hati anda perlu memiliki pertahanan terhadap penyakit menular sebelum penyakit tersebut menyerang.

Menurut nhs.uk, imunisasi perlu dilakukan pada waktu tertentu untuk memastikan buah hati anda membentuk sistem kekebalan tubuh sebelum virus atau bakteri sempat menyerang. Salah satu imunisasi yang perlu diberikan semenjak dini adalah imunisasi terhadap penyakit tuberculosis.

Vaksin tuberculosis, atau yang biasa disebut dengan vaksin BcG, biasanya diberikan ketika bayi masih belum genap berusia satu bulan. Tidak jarang, vaksin untuk penyakit yang menyerang saluran pernafasan ini akan diberikan paska persalinan. Tentunya, vaksinasi ini akan diberikan dengan menunggu kondisi dari bayi stabil terlebih dahulu lho, Moms

Pentingnya imunisasi terhadap penyakit yang bisa dengan cepat menurunkan kondisi kesehatan bayi ini telah banyak diketahui. Kebanyakan bidan dan dokter biasanya akan menyusun pemberian imunisasi vaksin BCG ketika bayi dilahirkan untuk memudahkan mencari waktu untuk memberikan vaksin tersebut.

Oleh karena itu, anda perlu berkonsultasi pada dokter yang mengurus persalinan anda, Moms, terutama yang berkaitan tentang pemberian vaksin tuberculosis. Ini bisa anda mulai ketika kandungan anda memasuki trimester ketiga atau tengah mendekati waktu persalinan untuk mengetahui informasi lebih lanjut terhadap vaksin yang satu ini

Oleh : Mamor Adi P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading