Sukses

Parenting

Tips Mengobati “Koreng” Penyakit Kulit Anak Remaja

Bunda, memasuki usia remaja banyak anak-anak yang mengalami masalah dengan kulitnya. Nah, salah satunya ialah penyakit koreng. Penyakit koreng pada anak adalah hal yang sering ditemui, ini biasanya disebabkan karena anak anak banyak bermain ditempat yang kotor lalu tidak segera mandi sehingga kuman-kuman menginfeksi dan menimbulkan iritasi pada kulitnya.

Penyakit koreng atau dalam bahasa medisnya ialah pioderma adalah penyakit-penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh kuman (bakteri), terutama Streptococcus beta hemolyticus atau Staphylococcus aureus. Perlu Anda ketahui, dijelaskan pada situs mayoclinic.org, pioderma terbagi dalam 2 kategori, yaitu.

1. Pioderma Primer adalah infeksi pada kulit normal yang disebabkan oleh 1 jenis mikro-organisme. Gambaran bentuknya biasanya khas.

2. Pioderma Sekunder adalah infeksi pada kulit yang sebelumnya sudah ada infeksi lain. Misalnya skabies yang mengalami infeksi sekunder oleh kuman akibat dari garukan.

Untuk mengobati penyakit korengan pada anak, selain menggunakan obat kimia ternyata bisa juga menggunakan tanaman herbal lho. Korengan ini biasanya meninggalkan bekas luka pada kulit si anak, sehingga perawatan setelah sembuh pun tak kalah pentingnya dengan pengobatan saat si anak menderita, salah satunya dengan menggunakan mentimun.

Seperti dijelaskan oleh Soerpato dalam Jamu Jawa Asli, pertama-tama ialah dengan menghancurkan mentimun hingga berbentuk pasta. Letakkan pada bagian bekas luka dan diamkan sepanjang malam. Lakukan secara teratur, supaya bekas korengan segera tersamarkan dan kulit menjadi bersih dan mulus.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading