Sukses

Parenting

Awas! Kutil Berkelompok Bisa Menyebabkan Penyakit Kulit Anak

Bunda, banyak sekali virus dan bakteri yang dengan mudah menyerang kesehatan si kecil, salah satunya penyakit kulit. Penyakit kulit anak yang biasanya menyerang anak salah satunya ialah kutil berkelompok atau menurut istilah kedokteran, kutil berkelompok berbentuk seperti mutiara tersebut dinamakan Molluscum Contagiosum, dan sesuai namanya bersifat contagious atau menular.

Perlu Anda ketahui, seperti halnya dilangsir pada situs kidshealth.org, penyakit kulit ini terjadi infeksi kulit yang umum disebabkan oleh kuman poxvirus dan sering mengenai anak-anak usia 2 sampai 5 tahun, namun orang dewasa pun bisa terkena atau menjadi sumber penularan. Biasanya, kuman menular langsung karena bersentuhan dengan kutil atau kontak dengan anak yang sedang terinfeksi, misalnya saat mandi atau berenang bersama.

Sebagian besar orang tua pasti sudah tahu penyakit tersebut seperti apa, dijelaskan pada situs webmd.com, kutil berkelompok biasanya muncul bintil-bintil seperti mutiara berwarna coklat muda di kulit anak. Bintil-bintil itu berjumlah banyak dan berkelompok. Biasanya letaknya di daerah dada dan punggung anak. Jika dipencet, keluar isi seperti nasi berwarna putih kekuningan. Rasanya menggelikan melihat kulit mulus anaknya memiliki bintil-bintil seperti kutil berukuran hingga 1 cm.

Meskipun sangat mengganggu, infeksi kulit ini ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Pada anak yang sehat, kutil dapat bertahan selama 6 hingga 8 minggu yang kemudian perlahan menghilang tanpa bekas. Tetapi karena molluscum dapat menulari kulit sekitarnya, bisa jadi membutuhkan sekitar 8 bulan untuk sembuh sempurna. Terlebih, kebiasaan terus menggaruk membuat kutil molluscum ini terinfeksi kuman lain sehingga bernanah dan menimbulkan bekas.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading