Sukses

Parenting

Penyakit Jantung Bayi: Bagaimana Cara Menyusui Bayi dengan Penyakit Jantung?

Pernahkah Bunda bertanya-tanya bagaimana anak dengan penyakit jantung bayi minum dari ibunya? Apakah mereka juga minum seperti bayi biasa, mengingat mereka memiliki kelainan jantung? Jika Bunda penasaran, kali ini kita akan membahas cara menyusui bayi yang menderita penyakit jantung.

Menurut Heart.org, bayi dengan penyakit jantung memang biasanya tidak minum ASI seperti bayi biasa. Dia tidak langsung minum dari ibunya, melainkan melalui botol yang diisi air susu ibunya. Seorang ibu yang memiliki anak dengan penyakit jantung perlu memompa air susunya 2-3 jam sekali selama minggu pertama melahirkan.

Ibu ini juga masih harus memompa susunya sebanyak 4-5 kali sehari untuk memastikan anaknya mendapatkan jatah susu yang diperlukannya. Meski pada awalnya belum bisa merasakan bayinya menelan dan bernapas dalam dekapannya, ibu yang memiliki anak dengan penyakit jantung juga perlu belajar untuk memberikan ASI yang benar pada bayi spesial ini.

Bayi dengan penyakit jantung mungkin tidak mengalami penambahan berat badan yang cepat.

Ibu juga harus sabar karena penyakit jantung bayi membuatnya harus memompa darah lebih keras dari bayi normal. Meski begitu, konsumsi ASI si bayi akan lebih banyak. Si kecil juga akan mengompol lebih sering dari bayi pada umumnya.

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai menyusui bayi dengan penyakit jantung. Semoga bermanfaat!

Oleh : Kustin Ayuwuragil D.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading