Sukses

Parenting

Cara Ukur Suhu Tubuh Bayi ketika Penyakit Demam Datang

Bunda, hal yang akan membuat hati seorang ibu resah dan tak nyaman ketika mengasuh bayi adalah saat sang bayi sakit. Meski cuma penyakit demam yang mampir, kepekaan tubuh bayi dalam merespon bakteri dan virus seolah-olah mewajibkan ibu untuk tetap sedia dan siaga.

Selanjutnya Bunda, agar Anda menjadi ibu yang berpengetahuan, khususnya dalam merawat bayi agar tetap sehat adalah dengan mengetahui cara mengukur suhu tubuh bayi. Suhu tubuh merupakan hal yang cukup mudah untuk diketahui sebab suhu biasanya akan dengan akurat menunjukkan kondisi tubuhnya.

Nah Bun, yang perlu dipersiapkan adalah termometer yang bersih. Berdasar langsiran laman webmd.com, usahakan yang suhunya ditunjukkan oleh angka digital, ya. Alasannya sih karena jika menggunakan termometer dengan air raksa akan dikhawatirkan ia jatuh dan pecah, terlebih ketika air raksanya mengenai kulit bayi.

Perlu diketahui pula bahwa cara mendapatkan suhunya ada tiga cara; mulut, dubur, dan ketiak. Namun, yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengetahui suhu tubuhnya melalui dubur bayi sebab ia akan lebih tenang.

Posisikan bayi Anda tengkurap, atau telentang dengan kedua kaki diangkat hingga dubur. Oleskan sedikit petroleum jelly pada ujung termometer yang hendak digunakan dan perlahan masukkan ke dubur bayi hingga 1 inci dari lubangnya. Tahan hingga dua menit sampai terdengar tanda dari termometer, lalu lepaskan.

Selanjutnya Bunda, jika suhunya menunjuk pada 97F sampai 100.3F, maka suhu tubuhnya kurang lebih normal. Namun, jika sudah menunjuk pada 100.4F, kemungkinan ia sedang demam dan butuh penanganan lanjutan.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading