Sukses

Parenting

Adakah Cara Instan Atasi Bayi Pilek?

Pilek meskipun di alami oleh banyak orang namun cukup berbahaya jika dialami oleh bayi. Ketika bayi pilek, Bunda mungkin merasa sangat khawatir dan berpikir adakah cara cepat dan mudah untuk mengatasi pileknya?

Menurut Parenting.com, tidak ada obat yang secara singkat dapat menyembuhkan pilek maupun flu. Antibiotic tidak selalu berhasil melawan virus, dan obat antivirus untuk influenza tidak diperkenankan untuk bayi.

Menurut rekomendasi dokter, bayi harus menerima suntik anti flu saat berusia 6 bulan hingga 3 kali sampai dia berumur 5 tahun. Yang paling penting saat bayi Anda menderita flu maupun pilek adalah memberikan kenyamanan.

Ketika bayi Anda mulai mbeler, selalu sediakan tisu untuk membersihkannya. Jaga kebersihan kulit di sekitar hidungnya agar dia tetap bisa bernapas dan kulitnya yang sensitif tidak terluka. Jika ingusnya sudah terlalu kental, teteskan air garam ke dalam hidungnya untuk membuat ingus lebih lembut dan mudah keluar.

berikan acetaminfen atau ibuprofen untuk menurunkan panas bayi. Jangan lupa untuk memastikan dosisnya tepat sesuai umur dan berat badannya. Bunda bisa juga membeli spray yang membuat bayi bersin di apotek. Spray ini tidak memiliki efek samping, hanya untuk membantu bayi bersin sehingga jalan pernapasannya lebih lancar.

Yang terakhir, berikan ASI yang cukup untuknya selama dia sakit. Ketika dia si kecil menolak, di situlah tantangan untuk Bunda. Semoga berhasil!

Oleh : Kustin Ayuwuragil D.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading