Sukses

Parenting

5 Cara Terbaik Lindungi Bayi Pilek [Part II]

Di musim hujan seperti ini, si kecil jadi sering bersin ya? Wah, hati-hati Bunda, jangan-jangan dia sedang diserang virus flu tuh! Eits, Bunda tidak perlu khawatir baby akan terkena pilek jika Bunda bisa melakukan 5 cara terbaik untuk menghindarkan bayi pilek versi Edition.CNN.com ini!

Nah, karena kita sudah membahas ketiga caranya di artikel sebelumnya, yuk capcus ke cara-cara berikutnya!

4. Jaga kesehatan

Menjaga kesehatan anak bisa dimulai dari makanan yang sehat, istirahat yang cukup, dan olahraga yang cukup. Ketiga hal ini mampu mengoptimalkan sistem imun anak.

Sajikan makanan seimbang termasuk buah, sayuran, susu, dan air. Pastikan anak tidur paling tidak 12 jam atau 10 jam untuk anak yang sudah mulai bersekolah. Ajak pula bayi dan anak untuk selalu bergerak setiap hari.

5. Berikan kenyamanan

Ketika anak atau bayi telanjur pilek, berikan dia madu untuk mengurangi batuknya (untuk anak lebih dari 1 tahun). Legakan hidungnya yang tersumbat dengan tetesan air garam atau ajak dia mandi air hangat sehingga uap air bisa masuk ke dalam lubang hidungnya.

Jika demam anak terlalu tinggi, berikan acetaminophen atau ibuprofen dengan dosis yang sesuai dengan usia dan berat badannya. Jangan berikan aspirin. Anak yang normal berumur 2 tahun akan segera sembuh setelah 2 hari.

Mudah, bukan? Kini Bunda tidak perlu takut hadapi bayi pilek lagi.

Oleh : Kustin Ayuwuragil D.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading