Sukses

Parenting

Awas Komplikasi Bayi Pilek

Melihat si kecil terkena flu saja sudah cukup menyakitkan ya Bunda. Namun ternyata bayi pilek masih bisa mengakibatkan komplikasi yang parah jika si kecil tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Menurut webmd.com, bayi pilek yang tidak kunjung sembuh bahkan semakin parah dari hari ke hari karena flu bisa mengalami komplikasi seperti infeksi sinus, infeksi telinga, atau pneumonia. Umumnya flu anak hanya akan terjadi selama 3-4 hari, namun jika anak mengalami kesulitan bernapas, sakit telinga, hidung tersumbat, atau batuk yang berkepanjangan.

Untuk menghindarinya, Bunda perlu memastikan bahwa selama bayi pilek, dia beristirahat dengan cukup, mendapatkan banyak cairan, dan gunakan acetaminophen atau ibuprofen untuk menurunkan atau mengurangi sakit bayi.

Jika Bunda tidak yakin dengan obat yang akan Anda berikan, tanyakan dulu pada dokter. Jangan berikan si kecil aspirin karena kandungan ini justru akan menghadapkannya pada risiko penyakit baru yang bisa menganggu otak dan hatinya.

Ketika hidung bayi penuh dengan lendir, gunakan penyedot lendir ini perlahan atau teteskan satu tetes air garam pada setiap lubang hidung bayi.

Bunda juga harus lebih waspada jika ternyata anak memiliki penyakit lain seperti asma, penyakit paru-paru, jantung, atau diabetes karena anak-anak dengan penyakit kronis ini membutuhkan perawatan yang berbeda jika dibandingkan anak lainnya.

Oleh : Kustin Ayuwuragil D.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading