Sukses

Parenting

Haruskah Bunda Khawatir Dengan Demam Bayi Pilek?

Pilek sebenarnya memang bukan masalah yang terlalu menghawatirkan. Namun selain menyumbat pernapasan, bayi pilek juga bisa menyebabkan demam. Karena pilek ini menyerang, anak yang masih sangat muda, Bunda harus waspada.

Menurut Parentdish.co.uk, jika bayi berumur kurang dari tiga bulan mengalami demam di atas 38 derajat Celsius maka kondisinya menghawatirkan. Untuk bayi yang yang berumur kurang dari 6 bulan, kejadian menghawatirkan ini juga terjadi apabila suhu tibuhnya mencapai 39 derajat celcius.

Ketika bayi mengalami demam yang sangat tinggi, meskipun itu hanya karena pilek, Bunda tetap perlu membawanya ke dokter karena bayi tidak memiliki sistem imun yang sekuat orang dewasa sehingga jika dibiarkan, panasnya akan berakibat fatal. Akibat fatal ini bisa membuat bayi terkena infeksi.

Bertindak gegabah dengan memberikan bayi dokter obat juga tidak diizinkan. Obat pilek untuk bayi harus diberikan atas pertimbangan bayi karena banyak kandungan dalam obat flu yang tidak aman untuk bayi.

Namun, jika umur bayi Bunda sudah lebih dari 2 bulan, Bunda bisa memberikan paracetamol dengan dosis yang tepat (tanyakan pada dokter), atau bubuk ibuprofen yang diberi air jika anak sudah berusia lebih dari 3 bulan atau memiliki berat lebih dari 5 kg.

Kedua obat tersebut dapat membatu menurunkan demam, sakit kepala, nyeri, sakit tenggorokan, dan gangguan akibat pilek lainnya. Semoga bermanfaat ya Bunda!

Oleh : Kustin Ayuwuragil D.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading