Sukses

Parenting

5 Penyakit Anak Balita Siap Mengancam Buah Hati Anda!

Bunda, Penyebab utama mengapa anak sering mudah tertular sakit adalah karena daya tahan tubuh tidak optimal dan kontak di lingkungannya ada yang sering sakit. Sebagai orang tua Anda harus tahu penyakit anak balita apa saja yang bisa menyerang buah hati Anda.

Nah, berikut ini ada beberapa penyakit yang sering sekali menyerang anak usia balita seperti dilangsir pada situs netdoctor.co.uk, di antaranya:

1. Batuk Pilek

Batuk pilek terjadi karena virus. Virus ini bisa menjadi penyebab penyakit batuk yang disertai dengan pilek pada si kecil. Segera bawa ke dokter jika buah hati Anda batuk pilek hingga kemampuan minumnya berkurang, atau tidak sembuh lebih dari seminggu.

2. Sesak Nafas

Balita yang mengalami sesak napas akan mengalami kesulitan saat menarik napas, atau napas buah hati Anda akan berbunyi dan bisanya disertai dengan batuk. Waspada jika wajah buah hati Anda menjadi kebiruan akibat kekurangan oksigen.

3. Diare

Diare ini disebabkan oleh virus, virus yang biasa disebut rotavirus seringkali menjadi penyebab diare, disamping penyebab-penyebab lainnya. Anda harus waspada jika diare disertai darah sudah mengenai buah hati Anda.

4. Muntah

Muntah bisa terjadi karena buah hati Anda kekenyangan, terlalu banyak udara dalam lambung, dan sebagainya. Waspada bila si kecil terus menerus muntah tanpa henti.

5. Sembelit

Biasanya terjadi karena buah hati Anda kekurangan cairan atau akibat perubahan makanan dan dimulainya pemberian makanan padat pertama. Waspada jika sembelit masih terjadi sampai lebih dari satu bulan.

Itulah beberapa penyakit yang sering menyerang anak usia dibawah 5 tahun. Jika kondisi si kecil parah, segera periksakan ke klinik atau dokter terdekat supaya tidak semakin parah ya, Bunda.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading