Sukses

Parenting

Adab Pernikahan Menurut Hindu di India (3)

Ladies, di artikel yang lalu kita sudah membahas dua macam pernikahan paling ideal menurut Agama Hindu. Sekarang kita lanjutkan ya, juga dilansir dari laman sumber yang sama, wikipedia.org.

Masih termasuk dalam kategori pernikahan yang ideal, pernikahan ini adalah Arsha. Pada pernikahan Arsha, calon mempelai pria memberikan sapi dan kerbau kepada ayah calon mempelai wanita sebagai mas kawin.

Lalu, calon pengantin pria bersumpah untuk memenuhi kewajibannya terhadap calon istri dan keluarganya. Kewajiban seorang suami atas keluarga istri ini disebut juga Grihasthashram.

Jenis pernikahan selanjutnya adalah pernikahan Prajapatya. Pernikahan ini dilakukan hanya dengan bertukar sumpah oleh calon pengantin. Pernikahan Prajapatya ini mirip dengan civil ceremony, yaitu upacara pernikahan yang non-agama.

Sejauh ini ada empat jenis pernikahan yang sudah kita bahas. Keempat pernikahan itu adalah yang paling pantas dan paling ideal menurut Agama Hindu. Selanjutnya kita akan membahas pernikahan yang tidak pantas tapi masih dibolehkan.

Yang pertama adalah Gandharva. Pernikahan ini masih menjadi kontroversi, Ladies. Karena Pernikahan Gandharva adalah pernikahan yang membolehkan sepasang manusia hidup bersama namun tanpa hubungan cinta kasih. Meski begitu mereka dibolehkan untuk berhubungan suami istri.

Kalau istilah modern-nya adalah Friend with Benefits, Ladies. Pasti Ladies tau kan? Kalau belum, coba deh tonton filmnya, pasti Ladies langsung bisa mengerti apa maksudnya.

Sekarang, sampai di sini dulu ya, Ladies. Selanjutnya akan kita bahas 2 jenis pernikahan yang diakui tapi paling rendah statusnya di Agama Hindu India. Penasaran? Makanya, teruskan membacanya.

 

Oleh: Sahirul Taufiqurrahman

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading