Sukses

Parenting

Cari Tahu Jenis Kelamin Bayi Anda Melalui Pemeriksaan USG 2 Dimensi (II)

Pada artikel sebelumnya anda telah menyimak bahwa di mulai pada minggu ke tujuh usia kehamilan, anda baru bisa mengetahui jenis kelamin janin anda melalui pemeriksaan USG 2 dimensi. Sebelum usia kandungan tersebut, semua embrio masih memiliki bentuk yang serupa sehingga masih sulit dibedakan jenis kelaminnya,

Mengetahui apakah buah hati yang sedang anda kandung berjenis kelamin perempuan atau laki-laki adalah proses yang terus berkelanjutan. Jika pada minggu ke tujuh hasil USG 2 dimensi masih belum terlalu menunjukkan jenis kelamin bayi, maka pada minggu ke sebelas usia kehamilan perbedaan jenis kelamin tersebut akan semakin terlihat pada hasil USG 2 dimensi.

Seperti dilangsir dari situs babycenter.ca, menginjak usia kehamilan minggu ke sebelas, akan terlihat genital nub yang melekat pada janin. Letak benda genital nub yang terlihat pada saat USG 2 dimensi akan semakin menunjukkan jenis kelamin bayi anda.

Jika janin anda laki-laki, maka genital nub akan berada posisi yang cenderung vertical dengan sudut lebih dari 30 derajat dari tulang belakang. Sedangkan pada janin yang berjenis kelamin perempuan, letaknya lebih horizontal dengan kemiringan kurang dari 3o derajat. Sonographer akan menunjukkannya kepada anda.

Meski begitu, tak jarang sonographer merasa kesulitan menginterpretasikan posisi genital nub. Rata-rata pemeriksaan USG 2 dimensi memiliki keakuratan sebesar 70% untuk menunjukkan jenis kelamin bayi di usia kehamilan 11 minggu.

Oleh: Pravianti

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading