Sukses

Parenting

Ketahui Manfaat USG 2 Dimensi Di Trisemester Ketiga

Apakah USG 2 dimensi di trisemester ketiga masih diperlukan? Jika sejak awal kehamilan track kandungan anda tidak menunjukkan tanda-tanda yang mengkhawatirkan alias normal, sebenarnya anda sudah tidak memerlukan pemeriksaan USG 2 dimensi. Tapi apa salahnya melakukan?

Berikut ini adalah manfaat yang akan anda dapatkan dari pemeriksaan USG 2 dimensi di trisemester ketiga seperti dikutip dari situs babycenter.ca.

Pertama, mengecek pertumbuhan dan perkembangan bayi anda. Dengan pemeriksaan USG 2 dimensi, anda akan mengetahui apakah bayi anda lebih besar atau lebih kecil dari yang seharusnya. Jika diketahui jumlah air ketuban semakin berkurang, maka ada masalah pada pertumbuhan bayi anda.

Informasi kedua yang bisa anda dapatkan dari USG 2 dimensi di trisemester ketiga adalah posisi plasenta. Pada usia kandungan yang memasuki trisemester ketiga, seharusnya plasenta sudah harus “naik” menuju serviks. Namun, jika ternyata plasenta anda masih di bawah, maka vaginal ultrasound akan dilakukan untuk mengetahui masih seberapa jauh plasenta dari serviks.

Next, dengan USG 2 dimensi di trisemester ketiga, anda akan mengetahui perkembangan janin kembar anda. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa salah satu janin kembar anda mengalami perumbuhan yang lambat, maka anda harus siap dengan kemungkinan kelahiran yang dipercepat.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading