Sukses

Parenting

Plus–Minus Mengadakan Acara Akad Nikah Di Masjid

Masih ingat dengan pernikahan Olla Ramlan dan Aufar di Masjid Kubah Emas, Ladies? Atau mungkin pernikahan Bella Saphira tahun kemarin yang diadakan di Masjid istiqlal. Ternyata tidak sedikit artis dan public figure yang memilih untuk mengadakan acara akad nikah di masjid. Lantas apakah bagi Ladies yang muslim menikah di masjid memang lebih baik?

Secara hukum islam seperti yang diulas dalam laman konsultasisyariah.com menyatakan bahwa hukum menikah di masjid adalah boleh. Namun bukan berarti sifatnya bisa berubah menjadi sunnah dan lebih baik dari tempat lainnya. Hal ini bisa menimbulkan bid’ah lho, Ladies.

Alasan banyak yang memilih akad nikah di masjid, menurut situs sabdaislam.blogspot.com, adalah untuk memberikan nuansa kesakralan yang lebih kental karena masjid adalah tempat ibadah. Menikah merupakan salah satu bentuk ibadah kita kepada Tuhan, momen kesakralan dan kesucian akad nikah tentu akan lebih terasa jika dilaksanakan di masjid.

Namun, jangan lupa kalau kita juga harus tetap menjaga dan memperhatikan fungsi masjid sebagai tempat ibadah lho, Ladies. Contohnya bila ada kerabat wanita yang sedang berhalangan, maka tetap tidak boleh masuk ke dalam masjid menyaksikan akad nikahnya.

Ada juga aturan – aturan tempat ibadah yang wajib kita hormati seperti aturan yang ditulis dalam laman kubah-emas.com mengenai jadwal penggunaan masjid untuk persiapan ibadah jumat dan ibadah sehari-hari.

So, jika Ladies mau mengadakan akad nikah di tempat ibadah, ada baiknya untuk membicarakan dengan keluarga dan pihak pengelola masjid agar acara akad nikah yang diinginkan bisa terwujud dan menjadi momen sakral tak terlupakan.


Oleh : Mud A.W

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading