Sukses

Parenting

Yuk Kenali Peran Bidan Desa! (III)

Peran bidan desa tidak hanya mencakup tugas-tugas mandiri, tugas kolaborasi, dan tugas ketergantungan saja. Bidan desa juga bertanggung jawab penuh pada peran sebagai pengelola, pendidik, dan peneliti. Apa saja peran bidan desa dalam tiga poin tersebut?

Sebagai pengelola, bidan desa memiliki tanggung jawab untuk memberi pelayanan dasar kesehatan kebidanan pada masyarakat di wilayah kerjanya. Tentunya dalam melaksanakan tugas ini, bidan desa wajib melibatkan klien dan masyarakat secara aktif.

Yang kedua, seperti dilangsir dari laman sumbarsehat.com, sebagai pengelola, bidan desa memiliki tugas untuk meningkatkan kemampuan dukun bayi, kader kesehatan, serta tenaga kesehatan lain yang berada wilayah kerjanya.

Sedangkan sebagai pendidik, bidan desa memiliki tanggung jawab untuk memberikan penyuluhan dan pendidikan kesehatan kepada masyarakat yang ada di wilayah kerjanya. Hal senada juga disampaikan dalam situs bascommetro.com; penyuluhan dan pendidikan kesehatan yang diberikan oleh bidan desa terutama tentang kesehatan ibu dan anak dan program KB (Keluarga Berencana).

Dalam kaitannya sebagai pendidik, bidan desa juga bertanggung jawab untuk melatih kader di wilayah kerjanya. Kader kesehatan yang membantu bidan desa adalah para siswa akademi kebidanan dan dukun bayi.

Yang terakhir, bidan berperan sebagai peneliti yang melakukan investigasi dalam bidang kesehatan. Penelitian ini dapat dilakukan sevara individu maupun kelompok.

Oleh: Pravianti

 

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading