Sukses

Parenting

UNICEF Bantu Kemitraan dan Peningkatan Kemampuan Bidan Desa

Bidan desa memiliki peran yang sangat krusial, terutama dalam upaya untuk menekan angka kematian ibu melahirkan. Sebelum ditempatkannya bidan di daerah-daerah, terutama di desa terpencil, ujung tombak persalinan dan pelayanan kesehatan masyarakat desa berada di tangan dukun beranak.

Karena minimnya ilmu yang dimiliki oleh dukun beranak, tak jarang dukun beranak tidak berhasil membantu persalinan ibu sehingga banyak ibu yang meninggal. Untuk itu, ditempatkannya bidan desa di daerah diharapkan dapat mengatasi problema ini.

UNICEF sebagai salah satu badan PBB yang membidangi masalah anak-anak, mendukung program kemitraan bidan desa dan dukun beranak sebagai salah satu solusi untuk memperbaiki kualitas pelayanan persalinan tanpa mengenyampingkan peran dukun beranak. Seperti dilangsir dari situs carikabar.com, UNICEF sebagai bagian dari PBB mendukung kemitraan bidan desa dan dukun beranak karena program ini sejalan dengan MDGs atau target sasaran pembangunan millennium.

Tak hanya dukungan untuk kemitraan bidan desa dan dukun beranak, UNICEF juga berkontribusi dalam peningkatan kemampuan bidan desa melalui proyek berbasis SMS yang bernama info bidan. Seperti dikutip dari laman indonesiaunicef.blogspot.com, bidan-bidan desa akan menerima informasi yang berkaitan dengan kehamilan, gizi, imunisasi, dan pendidikan anak usia dini melalui layanan SMS yang dikirim secara rutin tiap minggu.

Info-info ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bidan desa sehingga mereka bisa meningkatkan kemampuan sekaligus pelayanannya terhadap masyarakat.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading