Sukses

Parenting

SMS Tingkatkan Pelayanan Bidan Desa

Hampir setiap orang memiliki ponsel. Tak kerkecuali masyarakat yang tinggal di pedesaan. Kemajuan teknologi gadget ini membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.

Salah satu kemudahan dari kemajuan teknologi ponsel ini juga dirasakan para bidan desa. Dengan adanya fitur SMS pada ponsel, bidan desa bisa meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

Hal ini yang terjadi di Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Seperti dilangsir dari laman jamsosindonesia.com, masyarakat yang tinggal di kecamatan tersebut tidak perlu repot-repot lagi pergi ke bidan desa, mereka cukup mengontak bidan desa melalui SMS dan bidan desa akan datang dalam waktu sekejap.

Metode SMS bidan desa ini mungkin akan menambah sibuk bidan desa. Namun dengan cara ini, pelayanan kesehatan menjadi lebih mudah dan yang tak kalah penting, praktik dukun beranak dapat diminimalisir.

Teknologi SMS juga menjadi sarana para bidan desa untuk mengupdate informasi dan pengetahuan tentang kehamilan, ibu dan anak, gizi, dan pendidikan anak usia dini. Adalah Proyek SMS bernama Info Bidan, sebuah program dari UNICEF untuk meningkatkan kompetensi para bidan desa.

Seperti dilangsir dari laman indonesiaunicef.blogspot.com, Info Bidan akan dikirim melalui layanan pesan singkat secara rutin setiap minggu. Setiap minggunya, para bidan desa akan menerima 3 pesan yang berisi informasi-informasi seputar kebidanan.

Dengan bidan desa yang selalu terupdate pengetahuannya, maka diharapkan bidan desa mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading