Sukses

Parenting

Jawa Timur Kekurangan Bidan Desa

Jumlah bidan desa di Indonesia sangat terbatas. Banyak daerah masih mengalami kekurangan bidan desa. Begitu pula halnya dengan Jawa Timur.

Hal ini diungkapkan oleh Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur. Dalam laman antarajatim.com, Gus Ipul menyatakan bahwa masih banyak daerah di Jawa Timur yang kekurangan bidan desa. Diungkapkan Gus Ipul, idealnya, satu bidan melayani tiga hingga lima ribu jiwa.

Namun hingga tahun 2013, jumlah bidan desa yang ada di Jawa Timur masih jauh dari kebutuhan. Sekretaris Daerah Jawa Timur, Rasiyo, menuturkan bahwa Jawa Timur kekurangan 21 ribu bidan desa.

Seperti dilangsir dari situs suarakawan.com, Rasiyo menyatakan bahwa kekurangan bidan desa ini terjadi mengingat Jawa Timur merupakan sebuah propinsi yang besar dengan jumlah kabupaten dan kota sebanyak 38 dan jumlah penduduknya mencapai lebih dari 38 juta jiwa.

Hingga tahun 2013, jumlah bidan yang tercatat dalam Ikatan Bidan Indonesia (IBI) jumlahnya mencapai 17 ribu bidan.

Untuk itu, Wagub dan jajaran lainnya mengharapkan agar jumlah bidan desa lebih diperbanyak. Wagub menyarankan agar para lulusan sekolah kebidanan nantinya mampu memberikan kontribusi untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak, terutama di daerah-daerah terpencil yang jumlah bidan desanya masih sangat terbatas.

Oleh: Pravianti

 

(vem/ver)
What's On Fimela
Loading

Live Streaming

Powered by