Sukses

Parenting

Mengatasi Penyakit Batuk pada Anak

Pada usia yang sangat muda dan sedang mengalami masa pertumbuhan yang pesat, balita dan anak – anak rentan sekali terjangkit berbagai virus dan bakteri penyebab berbagai penyakit salah satunya penyakit batuk.

Nah, tentu diperlukan tindakan penanganan yang berbeda bagi anak – anak. Bunda tentu tidak bisa sekedar memberi obat batuk begitu saja bukan?

Situs patient.co.uk menyebut bahwa tidak ada obat magis yang dapat menyembuhkan penyakit batuk dalam sesaat. Pada umumnya, batuk akan terjadi selama 2 hingga 3 hari lalu membaik seiring tubuh berhasil mengeluarkan seluruh virus, bakteri atau segala sesuatu yang mengganggu organ pernafasan.

Apabila buah hati sedang batuk, jangan beri mereka antibiotik ya Bun. Itu karena antibiotik tidak akan membunuh virus dan bakteri penyebab batuk.

Beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk meringankan ketidaknyamanan yang dialami si kecil adalah dengan memastikan dia tidak dehidrasi. Batuk berdahak akan membuat anak lebih banyak mengeluarkan cairan, oleh karena itu pastikan ia mendapat asupan penggantinya.

Apabila penyakit batuk yang diderita si kecil disertai flu dan demam, sudah pasti doi akan susah tidur karena merasa nyeri di sekujur badan. Maka berikan paracetamol agar nyeri dan rasa tidak nyaman di badannya berkurang.

Apabila keadaan si kecil tak kunjung membaik setelah lewat dari 3 hari, lebih baik tak usah pikir panjang dan bawa doi ke rumah sakit terdekat. Konsultasikan segela gejala batuk yang dialami buah hati Anda untuk mendapatkan diagnose yang tepat.

Oleh : Marintan Widi Lestari

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading