Sukses

Parenting

Fakta Penting Demam Kejang (Bagian 5)

Ladies, percaya atau tidak, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa meskipun si kecil yang pernah mengalami demam kejang selama satu jam penuh, tetap masih bisa sembuh total seperti sedia kala.

Sebagian besar menunjukkan mereka benar-benar sembuh dari demam kejang yang pernah menyerangnya selama satu jam. Namun, menurut laman ninds.nih.gov sebagian kecil alinnya berpotensi menderita kejang lainnya yang tidak disebabkan oleh demam atau yang sering disebut dengan epilepsi.

Dengan kata lain, di antara 95 hingga 98 persen anak yang pernah mengalami demam kejang tidak melanjutkan perkembangan penyakitnya menuju kejang yang lebih berbahaya atau yang seding disebut dengan epilepsi.

Namun, meskipun risiko absolut bagi bayi normal yang mengalami demam kejang sangat kecil untuk menderita epilepsi, anak-anak yang menderita kelumpuhan syaraf akan mengalami beberapa gangguan.

Anak-anak yang kurang beruntung tersebut dapat mengalami keterlambatan perkembangan, atau kelainan nerologis / syaraf lainnya. Anak-anak ini memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita epilepsi di masa depan.

Selain mereka yang mengelami gangguan syaraf, memperhatikan demam kejang juga penting karena tidak semua demam kejang aman. Bila kasus yang Anda temui memenuhi beberapa kriteria berikut, risiko terserang epilepsi juga besar.

Namun, saynagnya kondisi yang mendukung epilepsi tersebut tidak diulas pada artikel ini. Simak ulasan selengkapnya pada artikel selanjutnya, Ladies. Stay tuned!

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading