Sukses

Parenting

Batuk Anak Seperti Bersiul

Bunda, batuk yang terjadi pada anak banyak sekali macamnya. Bergantung pada penyebab, waktu timbulnya batuk, serta suara batuk yang dikeluarkan. Nah Bunda, tidak ada salahnya kan jika Anda menyimak jenis batuk anak karena suara batuk yang dikeluarkan?

Suara batuk anak yang ditimbulkan berbeda- beda. Ada batuk rejan yang mengeluarkan ‘whooping’ sound. Ada juga suara batuk yang seperti suara siulan atau desahan. Seperti apa ya Bund?

Menurut langsiran dari laman kidshealth.org, suara tersebut disebabkan karena adanya pembengkakan. Sama sih dengan batuk rejan. Yang membedakannya nih Bund, jika batuk rejan pada anak yang membengkak adalah tenggorokan dan laring, batuk yang mengeluarkan suara seperti sedang bersiul ini justru karena pembengkakan pada paru- paru anak.

Ya Bunda, suara siulan atau desahan yang timbul saat anak sedang batuk karena adanya pembengkakan pada saluran pernafasan paru- paru bagian bawah.

Jenis batuk ini dapat menimbulkan asma. Maklum lah Bund, jika organ sistem pernafasan anak membengkak, hal tersebut dapat membuat anak susah untuk bernafas atau asma. Apalagi jika dilihat dari ukuran paru anak yang lebih kecil daripada orang dewasa.

Di samping itu, jika batuk ini tidak segera diobati, maka akan menyebabkan penyakit yang lebih parah lagi loh Bund. Anak bisa mengidap penyakit radang pada saluran pernafasan atau yang sering dikenal dengan istilah bronkitis.

Sebaiknya segera diobati apapun jenis batuk yang diderita anak Anda.

Oleh : Rannie

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading