Sukses

Parenting

Adanya Gejala Batuk Anak

Bunda, anak kecil memang mudah terserang batuk. Terkena hal kecil saja sudah menimbukan batuk. Apalagi sistem kekebalan tubuhnya juga sangat lemah untuk melawan bakteri dan virus datang penyebab batuk.

Menurut langsiran dari www.medicinenet.com, batuk merupakan aksi refleks terhadap saluran pernafasan anak. Terutama saluran pernafasan bagian atas seperti hidung dan tenggorokan yang kemasukan benda atau material penyebab batuk.

Sedangkan material penyebab batuk pada anak sendiri juga banyak. Bisa jadi karena alergi terhadap debu seperti yang menempel pada mainan anak. Binatang piaraan juga bisa membuat anak batuk. Misalnya saja nih Bund, anak yang alergi terhadap bulu kucing dengan refleks bisa batuk jika debu atau bulu kucing tadi sampai masuk pada saluran pernafasan paling luar seperti mengenai hidung anak.

Batuk pada anak juga karena kondisi saluran pernafasan yang bengkak. Membengkaknya juga karena disebabkan oleh infeksi. Ada infeksi pada saluran tenggorokan yang membuat anak juga susah untuk bernafas. Dan ada juga infeksi pada paru- paru anak yang disebabkan oleh zat kimia yang masuk bersama udara kotor ke dalam paru- paru anak.

Sementara batuk yang terjadi pada anak juga banyak macamnya. Dilihat dari suara yang ditimbulkan ada batuk rejan dan batuk anak yang juga mengeluarkan suara seperti bersiul. Ada batuk berdahak dan batuk kering yang disertai tenggorokan gatal.

Bunda, tidak sedikit juga anak yang mengalami batuk malam yang mengganggu tidur anak karena tidak tahan menahan dinginnya udara luar.

Oleh : Rannie

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading