Sukses

Parenting

Obat Untuk Pilek yang Efektif: Kenali Penularannya

Mengenali penularan pilek pada si kecil bisa membantu Bunda untuk menghindarkan buah hati dari penyakit tersebut. Tindakan ini saja sebenarnya sudah cukup menjadi 'obat untuk pilek' yang paling efektif.

Virus penyebab pilek sangat mudah menular kepada orang-orang disekitar penderita pilek. Dengan mengetahui proses penularan virus penyebab pilek, Bunda bisa mempersiapkan tindakan pencegahan sebagai obat untuk pilek paling efektif bagi si kecil.

Seperti Bunda ketahui, penularan virus penyebab pilek sangat cepat menular pada orang-orang di sekitar penderita. Laman nhs.uk menyatakan bahwa virus penyebab penyakit ini bisa mudah menular hanya dari bersin atau batuk penderita pilek.
Bersin atau batuk yang dikeluarkan penderita secara otomatis akan melontarkan virus yang kemudian menyebar di udara. Nah, udara yang tercemar ini akan terhirup oleh orang yang berada di sekitar penderita.

Selain itu, virus penyebab pilek juga bisa ditularkan melalui benda-benda terpapar virus tersebut. Contoh umum untuk penularan ini adalah saat si penderita bersin dan mengenai pensil yang dipakai menulis.

Jika si kecil Bunda meminjam pensil tersebut, tentu saja virus yang terdapat pada pensil bakal berpindah pada tangan si kecil. Tak lama, si kecil bakal menyentuh hidung atau mulutnya dengan tangan yang terinfeksi virus tersebut. Alhasil? Buah hati Bunda terserang pilek dua hari kemudian.

Penularan juga bisa terjadi jika si kecil makan sesuatu menggunakan tangan mereka tanpa cuci tangan terlebih dahulu. Ada berbagai macam bakteri dan virus yang menempel pada tangan si kecil saat melakukan aktivitasnya, termasuk 200 jenis virus penyebab pilek.

Oleh karena itu, membiasakan si kecil untuk mencuci tangan sebelum makan dan setelah bermain di luar rumah merupakan kebiasaan baik yang bisa meminimalisir terjadinya berbagai penyakit, tak terkecuali pilek.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading