Sukses

Parenting

Obat Untuk Pilek yang Efektif: Kenali Penyebabnya

Mengenali penyebab pilek, sebelum memilih obatnya, merupakan langkah tepat untuk mengatasi penyakit ini langsung pada akarnya. Dengan mengetahui penyebab terjadinya pilek pada si kecil, tentu Bunda bisa mengidentifikasi pemberian obat untuk pilek apa yang efektif melawan penyebab pilek tersebut.

Menurut laman nhs.uk, pilek disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang saluran pernafasan antara hidung dan tenggorokan. Diketahui ada 200 jenis virus yang bisa menyebabkan pilek pada si kecil.

Namun, jenis virus yang paling berperan sebagai penyebab pilek pada si kecil adalah rhinovirus dan coronavirus. Infeksi virus tersebut akan menimbulkan gejala umum seperti hidung meler, bersin-bersin, sakit tenggorokan, dan juga demam ringan.

Pilek bisa terjadi pada si kecil sekitar 6 sampai 8 kali dalam kurung waktu setahun. Hal ini dianggap wajar karena begitu banyaknya virus yang menjadi penyebab terjadinya pilek pada si kecil. Dan meskipun penyakitnya tetap sama, pilek yang terjadi berulang-ulang pada si kecil bisa saja disebabkan infeksi virus yang berbeda-beda.

Mengingat begitu banyaknya virus yang bisa menyebabkan pilek pada si kecil, pemberian makanan yang sehat sangat baik untuk menjaga sistem imun si kecil. Jika sistem imun si kecil selalu kuat, ini bisa menghindarkan si kecil menghadapi serangan berbagai virus penyebab pilek.


Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading