Sukses

Parenting

Menggunakan Balsem Sebagai Obat Untuk Pilek

Ada berbagai cara yang bisa digunakan sebagai obat untuk pilek si kecil. Namun, mengingat beberapa efek samping penggunaan obat, khususnya obat dalam dengan kandungan kimia yang berbahaya bagi si kecil, Bunda bisa mempertimbangkan penggunaan obat luar bagi si kecil.

Obat luar seperti balsem ataupun minyak kayu putih sudah dipercaya turun temurun cukup membantu mengatasi pilek pada buah hati. Obat untuk pilek ini relatif aman bagi anak karena penggunaanya tidak diminum secara langsung.

Penggunaan balsam ataupun minyak kayu putih bisa menghangatkan dada si kecil sehingga membantu meringankan batuk yang timbul akibat pilek. Menurut laman babycenter.in, tidak ada kandungan apapun pada balsem dan atau minyak kayu putih yang bisa mengurangi batuk dan juga hidung tersumbat saat pilek.

Namun, si kecil merasa lebih mudah bernafas saat mereka menghirup aroma dari balsem dan minyak kayu putih yang melegakan. Karena itu, Bunda dapat mengosokkan balsem atau minyak kayuputih pada dada, leher, dan juga punggung si kecil.

Pijatan ringan juga bisa Bunda lakukan saat mengosokkan balsem pada si kecil. Balsem yang digunakan sebaiknya yang khusus digunakan pada anak-anak, karena sekarang telah banyak produk serupa yang dijual di pasaran.

Selain itu, hindari balsem yang memiliki kandungan mentol agar si kecil tidak malah kedinginan. Jika balsem non mentol sulit didapat, maka Bunda cukup menggosokkan minyak kayu putih atau minyak telon pada si kecil.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading