Sukses

Parenting

Obat Untuk Pilek Berupa Antivirus

Ada bermacan obat untuk pilek yang sesuai untuk anak beredar di pasaran. Namun, Bunda tetap harus selektif untuk memilih beragam obat tersebut bagi buah hati tercinta.

Perlu diperhatikan bahwa obat pilek bagi si kecil harus sesuai dengan gejala dan kondisi saat anak sedang pilek. Salah satu alternatif pilihan obat pilek adalah yang bersifat antivirus dan dipercaya relatif aman bagi anak-anak.

Menurut laman cdc.gov, obat pilek antivirus bisa sangat cocok digunakan bagi anak-anak. Obat ini sedikit berbeda dengan vaksin yang diberikan untuk mencegah pilek. Bahan yang terkandung dalam obat antivirus untuk pilek dan vaksin untuk mencegah pilek juga berbeda satu sama lain.

Antivirus untuk pilek juga tersedia dalam bentuk bentuk seperti pil, sirup, atau inhaler. Obat ini berfungsi untuk melawan infeksi virus yang terjadi dalam tubuh. Obat pilek berupa antivirus ini harus diberikan sesuai resep dokter karena obat jenis ini tidak dijual secara bebas.

Penggunaan obat pilek berupa antivirus ini diberikan dua hari setelah pilek menyerang si kecil dan diberikan selama lima hari saat pilek. Meski relatif aman untuk diberikan pada si kecil, penggunaannya tetap harus memperhatikan pemberian dosis yang tepat. Selain itu, obat untuk pilek ini juga sangat efektif digunakan melawan infeksi virus penyebab flu.

Yang sangat perlu diperhatikan adalah obat antivirus ini hanya bekerja melawan virus penyebab pilek. Artinya, obat ini tidak bisa mengatasi penyakit yang gejalanya hampir mirip dengan pilek. Itulah sebabnya Bunda harus cermat mengenali apakah gejala yang muncul pada si kecil merupakan tanda penyakit pilek atau lainnya.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading