Sukses

Parenting

Hal-hal Penting Terkait Pemberian Obat Untuk Pilek

Pemberian obat untuk pilek berbahan kimia seringkali menimbulkan efek samping yang bisa membahayakan kondisi si kecil. Pada dasarnya pilek pada si kecil akan sembuh dengan sendirinya melalui sistem imun yang dimiliki anak.

Namun, jika kondisi si kecil memburuk akibat gejala yang ditimbulkan oleh pilek, Bunda bisa memberikan obat untuk pilek pada si kecil. Pemberian obat untuk pilek pada si kecil harus sangat teliti agar tidak terjadi kesalahan fatal yang malah memperburuk kondisi buah hati.

Terdapat beberapa hal penting yang perlu Bunda perhatikan dalam memberikan obat untuk pilek bagi si kecil. Menurut webmd.com, Bunda sebaiknya tidak memberikan obat untuk pilek tanpa resep dokter pada anak dibawah usia 4 tahun.

Untuk anak diatas usia 4 tahun, Bunda bisa memberikan obat untuk pilek khusus anak-anak tanpa resep dokter, namun jangan memberikan obat untuk orang dewasa pada anak-anak.

Kemudian, jika Bunda sudah memberikan obat untuk pilek pada dari dokter pada si kecil, sebaiknya Bunda tidak memberikan obat lain tanpa resep dokter bersamaan dengan obat tersebut. Hal ini untuk menghindari pemberian obat dengan kandungan yang sama pada anak.

Selain itu, berikan dosis obat untuk pilek pada si kecil sesuai petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan produk.

Hal-hal diatas sebaiknya harus selalu Bunda ingat agar pemberian obat pada si kecil terjaga keamanannya. Jika penggunaan obat untuk pilek pada si kecil tidak membuatnya membaik dan malah semakin memperburuk keadaan, Bunda harus segera mambawa si kecil pada dokter kepercayaan Bunda.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading