Sukses

Parenting

Berkumur Dengan Air Garam sebagai Obat untuk Pilek Alami

Banyak jenis obat untuk pilek yang bisa diberikan untuk si kecil, baik obat kimia maupun obat alami yang bisa dibuat di rumah. Salah satu obat untuk pilek yang alami adalah dengan berkumur dengan air garam.

Berkumur dengan air garam dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan yang biasa timbul saat si kecil demam. Obat untuk pilek ini sangat mudah diterapkan, namun, Bunda harus sabar untuk mengajarkan cara berkumur pada buah hati yang masih kecil.

Menurut laman babycenter.in, berkumur dengan air garam dapat meredakan sakit tenggorokan saat anak pilek. Metode ini sebaiknya diterapkan pada anak usia diatas empat tahun. Cukup larutkan setengah sendok teh garam pada segelas air hangat, dan aduk hingga rata.

Bunda juga bisa menambahkan tetesan lemon pada larutan untuk menambah aroma harum pada obat kumur ini. Setelah itu, si kecil bisa menggunakan cairan tersebut untuk berkumur agar sakit pada tenggorokan dapat berkurang.

Cara berkumur yang tepat dalam metode ini adalah dengan mengangkat kepala menghadap keatas dan menahan larutan pada pangkal tenggorokan, namun tidak sampai menelannya. Cara ini mungkin sedikit sulit untuk dilakukan oleh si kecil, dan seringkali larutan menjadi tertelan.

Oleh karena itu, Bunda bisa mengajarkan cara berkumur terlebih dahulu dengan air matang biasa sebelum menggunakan larutan garam, dan mengajarkan si kecil untuk memuntahkan air tersebut bukan menelannya.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

 

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading