Sukses

Parenting

Pentingnya Pendidikan Seksual Kepada Anak

Moms..mungkin sebagian dari Anda merasa tabu atau menganggap vulgar membicarakan masalah seks dengan anak. Mungkin juga Anda beranggapan bahwa mereka nantinya akan tahu sendiri ketika memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Maka dari itu, sebagian dari Anda bahkan enggan untuk memberikan pendidikan seksual kepada mereka. Hal ini masih ditambah anggapan bahwa pendidikan seksual hanya akan mendorong anak untuk berhubungan seks.

Tentu saja kesalahpahaman di atas dapat membawa kerugian bagi perkembangan anak. Karena yang dimaksud pendidikan seks bukan mengajari anak melakukan hubungan seks, melainkan pemberian informasi mengenai berbagai fungsi organ seksual, proses reproduksi, dan atau emosi serta perilaku seksual.

Karena itulah pendidikan seksual yang diberikan untuk anak sejak dini mempunyai banyak manfaat. Dikutip dari laman advocatesforyouth.org, manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Menghindarkan atau menanggulangi risiko HIV AIDS.
Memberikan pendidikan seksual kepada Anak dapat mengurangi risiko seks bebas. Hal tersebut juga berarti bahwa HIV AIDS juga dapat dikurangi penyebarannya karena virus HIV AIDS mudah tertular melalui seks bebas.

2. Membantu remaja untuk memperjelas masing-masing peranan keluarga , dan nilai-nilai masyarakat.

3. Memberikan informasi medis yang akurat dan juga mengenai kegunaan alat kontrasepsi. Pengetahuan tersebut bertujuan untuk mengurangi risiko kehamilan di usia remaja.

Nah Moms, jangan takut memberikan pendidikan seksual kepada anak karena hal ini mempunyai banyak efek positifnya. Pendidikan seks yang tepat dan benar akan sangat melindungi masa depan anak Anda sendiri nantinya.

 

Oleh: Annisa

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading